Pernah terbayang ingin tinggal di sebuah rumah pohon di atas gunung diantara lembah dan perbukitan? Nah, jika itu yang kamu impikan, maka berlibur ke obyek wisata omah kayu merupakan pilihan yang tepat. Wisata yang cukup unik ini bisa sobatexplore temukan di kota Batu, Jawa timur.

Daya Tarik Omah Kayu

Sebagaimana yang kita tahu, omah kayu, dalam bahasa Indonesia merupakan rumah yang terbuat dari kayu, jadi sesuai namanya, wisata omah kayu adalah penginapan sekaligus tempat untuk berfoto serta menikmati keindahan Kota Batu dan Malang dari ketinggian 1.340 meter diatas permukaan laut (MDPL). Wisata yang masuk dalam kawasan wisata gunung banyak ini menyuguhkan pemandangan deretan rumah kayu yang dibangun diatas pohon dari bahan kayu eukaliptus, pinus, dan kasuarina yang beratapkan ijuk di lereng bukit.

(Baca Juga: Menikmati Pesona Wisata Alam Bukit Paralayang Kota Batu yang Bikin Kamu Susah Move on)

 

Selain itu pemandangan yang tak kalah menakjubkan adalah suasana sejuknya pegunungan dan indahnya pepohonan di kanan kiri, lembah, hijaunya sawah, dan deretan bangunan kota. Terlebih saat malam hari pemandangan lampu kota akan terlihat begitu gemerlap ditemani bintang-bintang malam yang indah.

Sensasi Berlibur di Omah Kayu Kota Batu
(Sumber: http://pesonabromo.com)

Namun, bagi sobatexplore yang tidak menginap dan hanya sekedar ingin berfoto sambil menikmati pemandangan ada beberapa spot foto menarik, seperti :

  • Foto di depan kabin/teras yang super kece, namun untuk memasuki kawasan ini kamu harus membayar uang sewa dan kapasitasnya hanya mampu menampung 2-6 orang
  • Rumah bentuk segitiga dengan pintu ditengah yang ada di lereng bukit ujung bawah sebelah timur jika dari arah barat omah kayu
  • Di lereng bukit ada sebuah papan berbentuk persegi berukuran sekitar 1,5 x1,5 meter yang bisa kamu jadikan spot foto terbaik bersama pasangan atau sahabat karena papan ini hanya berkapasitas maksimal 2 orang.

Ketika masuk kawasan ini kamu akan menuruni jalan perbukitan yang cukup curam namun sepanjang perjalanan kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan alam, pepohonan, atau pemandangan kota. Selain itu ada kursi kayu di sepanjang jalan, jadi sobatexplore bisa beristirahat sekaligus berfoto diatas kursi kayu tersebut.

(Baca Juga: Indahnya Kampung Warna-warni Kota Malang yang Menyejukan Mata)

Fasilitas Omah Kayu Kota Batu

menginap di omah kayu batu
(Sumber: Titofebrian.com)

Omah kayu keseluruhan memiliki 6 bangunan utama dengan ukuran 3m x 2m x 2m berkapasitas 2-3 orang yang disewakan untuk pengunjung dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu :

  • Tempat tidur, bantal, selimut
  • Alat Makan
  • 2 unit kamar mandi luar dengan fasilitas air panas
  • Kursi kayu di balkon rumah dan perapian yang siap menghangatkan sobatexplore
  • Lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan empat

Beberapa warung makanan yang tidak jauh dari lokasi wisata, tepatnya di luar kawasan omah kayu.

Lokasi Wisata Omah Kayu

Terletak di Wana Wisata Gunung Banyak, Kel. Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu Jawa Timur 65312.


Akses/ Rute Menuju Omah Kayu

Akses ke Omah Kayu cukup mudah karena dapat diakses dari berbagai kota besar:

  • Dari Surabaya kamu bisa melanjutkan perjalanan sampai di Kota Malang, lalu ke Kota Batu dan ke arah Pujon.
  • Dari Kediri/Jombang kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Kandangan, lalu ke Kasembon, berlanjut ke Ngantang dan ke Pujon.

Biaya Tiket Masuk Dan Menginap Serta Jam Operasional

  • Biaya tiket masuk bagi sobatexplore yang ingin sekedar foto dan menikmati pemandangan Rp 10.000 dengan rincian berikut :
    • Rp 5000 (tiket masuk kawasan Wana Wisata Gunung Banyak)
    • Rp 5000 (tiket masuk wisata omah kayu)
  • Untuk biaya menginap tarifnya beragam untuk hari biasa Rp 35.000/unit/malam, untuk hari libur Rp 450.000/unit/malam.
  • Omah kayu buka setiap hari, mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB

Tips Untuk Melakukan Reservasi

tiket masuk omah kayu malang
(Sumber: http://ulinulin.com)

Usahakan untuk memesan atau booking penginapan selambat-lambatnya 1 minggu sebelumnya hal ini untuk menghindari penuhnya kamar mengingat jumlah unit kamar yang ditawarkan juga terbatas.

Karena omah kayu belum bisa melayani pemesanan melalui booking online maka kamu bisa pesan melalui telepon atau datang langsung ke lokasi. Informasi Wisata Malang Lainnya

Gambar utama via: rekomendasi.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here