Berkunjung ke wahana wisata alam adalah salah satu pilihan tepat untuk me-refresh pikiran dan tubuh. Dan kota Batu memiliki banyak pilihan bagi sobatexplore yang ingin berlibur dan menikmati pemandangan alam, salah satunya di obyek wisata Air Terjun Coban Talun.

Wisata yang satu ini selain menawarkan air terjun yang anggun dan megah juga ada berbagai spot foto dan tempat menarik yang akan memanjakan mata.

Keindahan yang Ditawarkan Obyek Wisata Air Terjun Coban Talun

Coban talun merupakan wahana wisata air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 75 meter. Letaknya yang berada di ketinggian 950 meter di atas permukaan laut (MDPL) ini menjadikannya salah satu lokasi favorit para wisatawan baik lokal mauapun asing.

Baca Juga: Seru dan Sejuknya Berwisata di Air Terjun Coban Rondo

Coban talun menawarkan keindahan air terjun yang anggun, pesonanya membuat kagum siapapun yang datang dan berfoto. Sejuknya hawa dingin serta pemandangan hutan pinus dan hutan yang masih asri dan alami akan membuat kamu betah berlama-lama disini.

Selain air terjun, Coban Talun juga memiliki berbagai macam area menarik lainnya seperti:

Taman Bunga dan Payung Warna-Warni :

Taman Bunga Air terjun coban talun batu
Taman Bunga (Via: instagram.com/nonakilla/)

Taman yang ditumbuhi berbagai jenis bunga dan tanaman hias serta hiasan payung warna-warni yang digantung di sekitar lahan seluas 800 meter persegi ini sungguh memiliki pesona yang sangat cantik dengan berbagai jenis warna bunga mulai dari ungu, kuning, putih serta hijaunya tumbuhan dan pepohonan di sekelilingnya akan membuat kamu tak sabar untuk berfoto.

Salah satu bunga yang paling banyak ditanam adalah bunga Hortesia atau kembang bokor yang merupakan tanaman hias yang cukup popular dan banyak disukai  karena bentuknya yang besar dan cantik.

 Apache Camp :

Apache camp adalah sebuah rumah berkonsep suku Indian. Memasuki area, ini sobatexplore akan di suguhi pemandangan kampung Indian dengan rumah berbentuk kerucut seperti rumah suku Apache. Untuk menambah lengkapnya suasana kampung Indian, pengelola juga menyewakan peralatan dan kostum ala orang Indian untuk jadi atribut foto sobatexplore.

wisata air terjun coban talun
Apache Camp Coban Talun (Via: @Apache.camp)

Rumah Pagupon :

Rumah Pagupon atau sangkar burung merpati merupakan sebuah penginapan yang disewakan oleh pengelola kepada para pengunjung dengan dilengkapi 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi dalam. Bentuk Rumah Pagupon adalah kerucut dengan dilapisi bahan berwarna putih pada bagian luar dan pintu di bagian tengah. Keunikan Rumah Pagupon ini sangat cocok menjadi latar foto selfie-mu loh.

Wisata Air Terjun Coban Talun
Rumah Pagupon (Via: tidurmana.com)

Baca Juga: Sensasi Berlibur di Omah Kayu Kota Batu

Fasilitas Di Coba Talun

Fasilitas yang ditawakan wahana wisata ini cukup lengkap seperti mushola, kantin, balai serbaguna, dan area parkir yang luas. Selain itu bagi kamu yang ingin berolahraga tersedia juga jasa rafting, Motor roda empat (ATV), dan berkeliling hutan dengan memakai jasa persewaan motor trail. Selain itu, kamu yang ingin berkemah juga bisa menyewa camping ground.

Lokasi Air Terjun Coban Talun

Lokasi Coba Talun berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336, Indonesia

Akses/ Rute Menuju Lokasi Coban Talun

Dari Jalur Utara seperti Surabaya :

Dari Gempol, lanjutkan perjalanan menuju Mojokerto sampai bertemu pertigaan tugu gapura adipura kemudian ikuti petunjuk jalan ke arah Jalan Ari Langga. Kemudian menuju arah Pacet, ikuti saja jalan hingga kurang lebih 41 km dan bertemu kawasan Coban Talun. Kamu hanya perlu mengikuti papan petunjuk arah jalan menuju Coban Talun.

Dari Jalur Selatan seperti Kota Malang, Batu :

Sobatexplore bisa menuju pusat Kota Batu lalu kamu akan bertemu pertigaan pilih jalur menuju ke Jatim Park dan Museum Angkut. Hingga tiba di perempatan museum angkut ambilah jalur kanan untuk menuju Coban Talun.

Tiket Masuk Dan Jam Operasional

Harga tiket masuk Coban Talun : Rp 10.000/ orang

Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB

Informasi Wisata Malang Lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here